Distributor Jual Fitting Pipa Valve Flange Pipa Jakarta

Telepon: 021-22687714

WhatsApp: 0813 8499 9594

Apa itu Gasket dan Jenis-Jenis Gasket pada Pipa

jenis jenis gasket pipa

Membahas mengenai apa itu gasket? Gasket pipa disini akan dijelaskan mengenai fungsi dan pengertian komponen ini. Gasket pipa adalah materi yang diletakkan atau digabungkan pada 2 komponen material pipa, yang kedua komponen material ini pada awalnya terpisah.

Secara garis besar fungsi dari komponen yang satu ini adalah untuk menjadi pengaman dari 2 komponen disatukan. Agar nantinya pada potongan setiap komponen tersebut tidak terjadi kebocoran atau rembesan akibat penyatuan dua bagian yang berbeda tersebut.

Penjelasan dari Tipe-Tipe Gasket Pipa

1. Ruber Gasket

jenis jenis gasket pipa Rubber gasket pipa

Pengenalan pertama mengenai gasket pipa yang pertama atau jenis yang pertama ini merupakan jenis yang terbuat dari bahan plastik. Jenis ini merupakan penghubung dari gabungan beberapa benda, bukan langsung menghubungkan akan tetapi sebagai pelindung dari tempat menghubungkan tersebut.

Agar nantinya tidak terjadi kebocoran selama alat yang dihubungkan tersebut atau pada bagian tempat menghubungkan tersebut. Memiliki celah yang terbuka dan sangat rawan kemasukan benda asing saat digunakan, maka jenis ini digunakan untuk melindungi.

2. Viton Gasket

jenis jenis gasket pipa viton gasket pipa

Mengenai jenis ini adalah jenis selanjutnya yang biasanya digunakan untuk melapisi atau melindungi alat. Terutama untuk alat yang berhubungan dengan beberapa cairan kimia dengan sifat asam, minyak atau memiliki konsentrasi dan keketalan tinggi.

Dimana dapat merusak atau melelehkan karet sehingga dengan jenis viton ini dipilih untuk menanggulangi keadaan tersebut. Memiliki fungsi yang sama hanya saja terbuat dari bahan yang berbeda dan lebih kuat dari karet. Anda bisa memilih gasket pipa dengan bahan ini jika Anda merasa dengan bahan karet kurang tahan lama.

3. Grapite Gasket

jenis jenis gasket pipa Graphite Gasket

Salah satu jenis selanjutnya adalah Grapite. Jenis satu ini memiliki keunggulan dari beberapa jenis yang lainnya, keunggulan tersebut yaitu jenis yang tahan terhadap tekanan suhu yang tinggi.

Jenis satu ini bahkan tahan terhadap beberapa jeniscairan yang memiliki kandungan asam dan basa dengan konsentrasi tinggi. Pemanfaatan jenis ini biasanya sering digunakan untuk pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi.

4. Gasket PTFE

jenis jenis gasket pipa Gasket-PTFE-atau-Teflon-gasket

Jika membahas apa itu gasket dan mengarah mengenai jenis-jenis tersebut tentunya Anda akan menemui beberapa jenis ini. Dengan berbagai kelebihan dan kemampuan yang dimilikinya salah satu jenis tersebut adalah PTFE atau memiiki nama lain teflon.

Gasket yang satu ini sudah dikenalkan ketahanannya terhadap beberapa bentuk zat kimia baik yang bersifat asam ataupun panas yang tinggi. Jadi bisa dibilang jenis yang satu ini benar-benar multi fungsi mengingat ketahanan dan kemapuan dari jenis yang satu ini sudah banyak terbukti.

5. Gasket EPDM

Untuk pembahasan kali ini dan beberapa jenis itu sendiri pada bagian akhir ini adalah EPDM. Kemampuan dari jenis yang terakhir ini cukup kompleks dan lengkap yaitu pada jenis ini memiliki ketahanan terhadap sinar UV, minyak, bahan kimia dan lain sebagainya. Dibuat dengan kemampuan yang kompleks karena untuk melindungi bagian yang ada pada bagian dalam dari pipa tersebut.

Itulah penjelasan mengenai apa itu gasket dan jenisnya yang sudah diterangkan mengenai jenis dan keunggulannya. Beberapa jenis yang memiliki fungsi yang baik atau memiliki kemampuan yang kompleks. Digunakan untuk pipa gas bertekanan tinggi yang jika terjadi kebocoran akan sangat membahayakan. Semoga beberapa penjelasan yang telah diberikan bermanfaat untuk Anda.

Baca : Apa itu Flange dan Jenis-Jenis Flange

Yuk, bagikan konten ini
Mau Inquiry? Chat Sales